Sinode kita

Sinode KAM VI

Dari Pembukaan Ke Hari Pertama Persidangan

7 September : Opening Ceremony

08.00 : Perayaan Ekaristi Meriah dipimpin oleh Uskup Agung Medan didampingi oleh Uskup Emeritus Pius Gonti Datubara, Vikjen KAM, RP. Elias Sembiring, Ketua Pelaksana Sinode, RP. Emmanuel Sembiring, Vikep Pematangsiantar, RP. Mikhael Manurung. Para imam anggota sinode berkonselebrasi.

Rangkuman pesan Homili Uskup : “Keluarga Katolik tidak terasing dari dunia sekitarnya. Kemajuan dunia mengembangkan hidup keluarga dan serentak memberi pengaruh negatif. Gereja Katolik bertanggungjawab untuk mendampingi setiap anggota keluarga agar tetap dapat hidup sesuai dengan pesan “Sakrmen Perkawinan” yang sudah diterima. Keluarga Nazareth menjadi model dari semua keluarga. Dan dalam zaman modern ini kita masih mempunyai banyak keluarga yang menjadi model keluarga Nazareth. Salah satu keluarga yang pantas ditiru dalam menghidupi keluarga katolik pantas diingat Keluarga, Louis Martin dan Zelie Morin, orangtua dari Santa Teresia Lisieux. Dengan ini diserukan, “Marilah bersinode dalam bimbingan Roh Tuhan..”

11.00 : Upacara Kenegaraan

Hadir : Dirjen Bimas Katolik, Kanwil Kemenag SUMUT, Mewakili Pomprovsu, Mewakili Pemda Simalungun, FKUB Sumut dan Majelis-majelis Agama, Ketua PGI Sumut, TNI, Polri.

Sesudah sambutan-sambutan yang berisi apresiasi dan harapan untuk Gereja Katolik KAM, opening ceremony berpuncak dengan pemukulan gong. Sesudahnya semua undangan dianugerahi kenang-kenangan. Jamuan makan siang mengakhiri opening ceremony.

16.00 : Sesi Pertama persidangan

Persidangan pertama Sinode dimulai di Aula atas dengan agenda : hal-hal praktis seputar sinode. Review Sinode ke V untuk membantu anggota sinode mengenal isi dan perjalanan pasca sinode ke V ini. Menyusul sejarah perjalanan sinode ke VI dari perencanaan awal sampai dengan hari pelaksanaan. Ibadat sore mengakhiri seluruh persidangan sesi pertama ini.

20.00 : Pentas seni disuguhkan kepada para peserta sinode untuk memberi kesegaran kepada para anggota Sinode. Kekayaan seni dalam budaya yang hidup di sekitar wilayah KAM ini ditampilkan dengan rapi dan cukup memukau para hadirin. Sesudahnya di aula terbuka diputar film Keluarga hadir produksi Komsos KAM.

22.00 : Selamat beristirahat.....selamat berjumpa di hari baru...

Hari Kedua, 8 September

06.30 : Perayaan Ekaristi membuka kegiatan sinode pada hari kedua ini. Uskup Emeritis Pius Datubara menjadi selebran utama didampingi Uskup Agung dan Vikjen KAM. “Bersama Maria, kita pun hendak bersama-sama menguduskan setiap keluarga kita”. Demikian sebagian inti dari homili Uskup Pius.

08.30 : Sesudah sarapan, anggota sinode sudah berkumpul di aula atas. Ibadat pagi membuka sesi persidangan pertama ini. Liturgi hari ini dipandu oleh Suster-suster KSFL.

Pada sesi pertama persidangan ini, RP. Kosman Sianturi OSC, menjadi pembicara. “Perhatian Gereja Universal dan Gereja Indonesia mengenai Keluarga” adalah tema pokok pembicaraan pada sesi ini. Selama kurang lebih 50 menit pemateri menyampaikan bahannya. Tanya jawab berjalan sebanyak tiga sesi. Terlihat cukup banyak anggota yang hendak menyampaikan pertanyaan. Sekilas banyak pertanyaan lebih pada hal-hal kasuistik yang ditemukan di paroki. Tentu ini menjadi bahan pertimbangan, bahwa ada banyak kasus keluarga dan perkawinan yang membutuhkan perhatian dan penyelesaian. Semoga sinode akan membuka jalan keluar untuk pertanyaan-pertanyaan ini...

 

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Kalender Liturgi

  • Saran Nyanyian TPE/TPS

Data Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini199
mod_vvisit_counterKemarin401
mod_vvisit_counterMinggu Ini999
mod_vvisit_counterMinggu lalu3945
mod_vvisit_counterBulan ini17000
mod_vvisit_counterBulan lalu24414
mod_vvisit_counterTotal377540